Minggu, 11 Maret 2012

Wapres: Masalah SDM jadi kendala untuk tingkatkan kualitas laporan keuangan

JAKARTA. Masih minimnya kualitas laporan keuangan Kementerian/Lembaga dan berbagai instansi pemerintah di pusat dan di daerah ditengarai karena masalah dengan sumber daya manusia (SDM).

Wakil Presiden Boediono mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya, minimnya SDM yang memiliki kemampuan membuat laporan keuangan dengan kualitas tinggi menjadi kendala utama rendahnya kualitas laporan keuangan di instansi pemerintah.

Menurutnya, masalah ini masih bisa diatasi dengan adanya komunikasi yang baik antar lembaga. "Kalau bisa dengan training atau kalau memang tidak bisa, bila perlu minta saja (kepada pemerintah pusat) untuk mendapatkan SDM yang berkualitas," ungkapnya saat pidato pembukaan rapat kerja nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2011 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Senin (19/9).

Ia menambahkan, mengenai kekurangan SDM ini, Menteri Keuangan telah menawarkan untuk menyediakan SDM jika ada daerah yang membutuhkan. "Ini saya kira tawaran yang sangat simpatik, terutama bagi instansi-instansi yang memang memerlukan SDM dengan segera untuk menangani (laporan keuangan). Ini perlu kita pikirkan dan kita laksanakan," jelas Boediono.

Untuk di tingkat pusat, Boediono bilang kebutuhan SDM untuk menangani laporan keuangan masih cukup besar. Buktinya, dari 84 K/L, baru 53 K/L yang laporan keuangannya mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian. "karena itu, saya anjurkan pimpinan pusat untuk mengajukan permintaan saja, nanti kita carikan solusinya. Mungkin dalam hal ini kepada Menteri Keuangan untuk minta SDM yang bisa mengelola dengan baik," ungkapnya.


sumber : http://nasional.kontan.co.id/news/wapres-masalah-sdm-jadi-kendala-untuk-tingkatkan-kualitas-laporan-keuangan-1/2011/09/19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar